Hacker Bocorkan Film-Film besar Sony Pictures

Brad Pitt dalam film terbarunya Fury

Serangan besar-besaran kelompok hacker terhadap sistem komputasi studio Sony Pictures Entertainment berbuntut panjang.

Selain memaksa seluruh karyawan Sony Pictures untuk bekerja secara manual tanpa komputer, kini hacker juga dilaporkan berhasil mencuri 5 film anyar besutan studio film yang berbasis di Culver City, California itu. Parahnya lagi, kelima film baru Sony Pictures itu saat ini sudah disebarkan dan beredar luas di internet.

Menurut yang dilansir laman Techcrunch, film-film yang dibocorkan oleh hacker adalah Annie, Mr. Turner, Still Alice, To Write Love On Her Arms, serta film bertema Perang Dunia II bertajuk Fury yang dibintangi oleh Brad Pit dan kini masih ditayangkan di bioskop.

"Pencurian terhadap konten-konten Sony Pictures Entertainment adalah sebuah masalah kriminal, dan kami tengah bekerjasama dengan pihak yang berwajib untuk menyelesaikan masalah ini," ucap juru bicara Sony Pictures.

Guardian of Peace (GOP), ditengarai sebagai kelompok hacker yang bertanggung jawab atas peretasan ini. Laman Times menjelaskan bahwa pihak GOP mengakui aksi mereka dibantu oleh orang dalam Sony Pictures.

GOP juga sebelumya telah mempublikasikan daftar file yang berhasil mereka curi dari jaringan komputer Sony Pictures. Beberapa di antaranya adalah salinan digital dokumen passport dan visa sejumlah selebriti ternama seperti Angelina Jolie dan Cameron Diaz, lebih dari 700 dokumen berisi password, 179 arsip email Outlook milik eksekutif dan staf IT, serta dokumen berisi anggaran film.
Lebih dari lima film besar hasil produksi Sony Pictures dikabarkan bocor ke Internet akibat ulah hacker. Seperti dikutip dari Ace  Showbiz, Senin (1/12/2014), beberapa di antaranya bahkan masih beredar di bioskop.
Termasuk Fury  (film bertema PD II milik Brad Pitt), Mr.  Turner, Still Alice, To Write Love  on Her Arms, hingga Annie yang merupakan film paling diantisipasi dan baru direncanakan rilis pada 19 Desember 2014 mendatang.
"Pencurian terhadap konten-konten Sony Pictures Entertainment  adalah sebuah masalah kriminal, dan kami tengah bekerjasama dengan pihak yang berwajib untuk menyelesaikan masalah ini," ucap juru bicara Sony Pictures, Sabtu (29/11/2014).
Sejak kebocoran terjadi, Annie, yang dibintangi oleh Quvenzhane  Wallis dan  Jamie Foxx, sudah didownload  206 ribu kali, Sementara To Write Love on Her Arms, yang diset untuk meluncur pada Maret tahun depan, baru diunduh kurang dari 100 ribu alamat IP.
Angka itu berbeda jauh dengan film Fury yang disedot hingga 1,2 juta kali sejak bocor pada selasa lalu. Padahal, meskipun masih tayang di sejumlah bioskop dan baru akan merilis versi DVD/Blu-ray nya pada tahun depan, film garapan David Goyer itu sudah tayang sejak tanggal 17 Oktober 2014 dan meraup keuntungan sampai USD 171, 1 juta dari budget sekitar USD 68 juta.

Awal mula Insiden 'Hacker' Sony Pictures
Seperti posting saya yang sebelumnya, pada hari Senin (24/11/2014) lalu , gambar tengkorak dan sebuah pesan yang berbunyi 'Hacked by #GOP' muncul pada komputer perusahaan.
GOP, yang merupakan singkatan dari Guard of Peace, mengatakan kalau mereka akan merilis berbagai konten rahasia milik Sony Pictures.
Hingga hari Minggu kemarin, Sony masih berjuang untuk memulihkan sistem mereka. Menurut Reuters, mereka sampai meminta bantuan ke FireEye Inc's Mandiant forensics  unit untuk menangani masalah ini. Targetnya, sistem email diharapkan bisa kembali normal pada hari ini.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system

Ad Inside Post