VERSUS : Mitsubishi A6M Zero vs Messerschmitt Bf 109

Mitsubishi A6M Zero adalah pesawat tempur jarak jauh yang dioperasikan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dari tahun 1940 hingga 1945. Sekutu menyebutnya "Zero" sejak Angkatan Laut Kekaisaran Jepang mulai memakai pesawat ini pada tahun 1940. Nama Jepang untuk pesawat ini adalah Rei-shiki kanjō sentōki (零式艦上戦闘機 Pesawat Tempur Kapal Induk Tipe 0?). Kode resmi Sekutu adalah Zeke.
Ketika baru mulai dioperasikan pada Perang Dunia II, Zero dianggap pesawat terbang berbasis kapal induk paling mumpuni di dunia, berkat daya manuver yang sangat baik dan jangkauan terbang yang sangat jauh.Pada masa awal operasinya, Zero memperoleh reputasi legendaris sebagai pesawat untuk pertarungan udara, rasio bunuh 12 banding 1. Namun pada pertengahan 1942, kombinasi taktik-taktik baru bersamaan mulai dipakainya peralatan yang lebih baik memungkinkan pilot Sekutu menghadapi pesawat Zero pada kedudukan lebih seimbang. Dinas Udara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang juga sering menggunakan pesawat Zero sebagai pesawat tempur berbasis darat. Pada tahun 1943, kelemahan inheren dalam desain serta ketidakmampuan mengembangkan mesin pesawat yang lebih bertenaga membuat Zero makin kurang efektif melawan pesawat tempur musuh tipe baru yang makin mendekati daya manuver Zero, serta dilengkapi daya tembak lebih besar, pelat perisai, serta kecepatan yang lebih baik. Meski Mitsubishi A6M sudah ketinggalan zaman pada tahun 1944, Jepang tidak pernah sepenuhnya mengganti pesawat ini dengan tipe pesawat lebih baru. Pada tahun-tahun terakhir Perang Pasifik, Zero dipakai dalam operasi-operasi kamikaze. Semasa Perang Dunia II berlangsung, Jepang memproduksi lebih banyak pesawat Zero dibandingkan produksi pesawat jenis lainnya.
A6M "Zero"
A6M3 Model22 UI105 Nishizawa.jpg
Mitsubishi A6M3 Zero di atas Kepulauan Solomon
Jenis Pesawat tempur
Pembuat Mitsubishi Heavy Industries, Ltd.
Penerbangan perdana 1 April 1939
Pengenalan 1 Juli 1940
Dipensiunkan 1945 (Jepang)
Pengguna utama Dinas Udara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang
Angkatan Udara Cina Nasionalis
Dibuat 1940–1945
Jumlah 10.939
Varian Nakajima A6M2-N

Messerschmitt Me 262 Schwalbe (Jerman untuk Swallow) merupakan pesawat tempur turbin jet pertama di dunia. Me 262 dikeluarkan saat Perang Dunia II dan mulai bertempur pada tahun 1944 sebagai pesawat terbang tempur/pengebom/pengintaian dan pencegat. Pilot Jerman memberi julukan Sturmvogel (Stormbird), sementara Tentara Sekutu menjulukinya dengan nama Turbo atau Blow Job. Me 262 diisukan telah menghancurkan 509 pesawat terbang milik Pihak Sekutu (walaupun ada yang mengatakan lebih tinggi) pihak Jerman diisukan telah kehilangan 100 Me 262.
Messerschmitt Me 262A at the National Museum of the USAF.jpg
Kecepatan maksimum 540 mph
Kecepatan jelajah 460 mph
Jarak 650 km
Layanan langit-langit 38.000 kaki
Tingkat panjat 3940 kaki per menit
Masa 41 kaki
Panjangnya 34 kaki 9 inci
Tinggi Badan 11 kaki 4 inci
Berat Badan £ 15.600
Angkatan bersenjata 4 x 30mm MK-108 meriam; £ 1.000 bom
Mesin 2 x Junkers Jumo 004 Anak; masing-masing menghasilkan £ 1.980 dorong
Awak kapal 1

"Kedua pesawat tempur ini aalah pesawat tempur paling hebat pada world war 2"
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system

Ad Inside Post