VERUSU: NATO vs SCO

NATO vs SCO atau bisa dibilang perang dingin ke-2 atau bahkan perang dunia ke-3 adalah perang hipotetis yang bisa menjadi kenyataan. Atas dalam gambar merah adalah aliansi Anti-NATO baru? Rusia, Cina, dan empat negara Asia tengah (Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Uzbekistan) dan negara-negara lain yang disorot dalam warna merah mungkin akan memilih SCO lebih dari NATO atau bahkan PATO tersebut. Ini 6 negara kuat membentuk sesuatu yang disebut Organisasi Kerjasama Shanghai pada tahun 2001. Lebih umum dikenal sebagai SCO, itu baru-baru dijuluki aliansi anti-NATO oleh sebuah koran Rusia. Meskipun tidak aliansi militer resmi seperti NATO, itu pasti sampai ke sana. Sementara SCO seolah-olah peduli dengan masalah kerja sama energi dan keamanan regional, sulit untuk tidak melihatnya sebagai setidaknya sebagian merupakan respon terhadap upaya-upaya Amerika untuk memperluas pengaruh NATO dan Amerika di Asia Tengah.
Dan itu pasti telah berkembang lebih ke arah itu. SCO meminta AS untuk menetapkan jadwal penarikan dari Afghanistan lebih dari setahun yang lalu. Mereka hanya menyimpulkan latihan militer bersama, dijuluki “Misi Perdamaian 2007.” Ini juga menarik untuk dicatat bahwa Pakistan, Iran dan Mongolia telah diterapkan untuk menjadi anggota SCO, untuk saat ini mereka hanya memiliki status pengamat. Dan dengan Rusia melanjutkan patroli jarak panjang dengan pembom berkemampuan nuklir, sesuatu yang mereka ditangguhkan lebih dari satu dekade yang lalu, ada sedikit keraguan bahwa SCO adalah berkembangnya akan kekhawatiran.
Apa artinya semua ini? Sulit untuk mengatakan. Analis Barat mengecilkan pentingnya SCO, tapi itu tidak berarti banyak. “Analis Barat” dapat mencakup apa saja dari analis yang sebenarnya, agenda didorong think tank, untuk lembaga propaganda siluman seperti MEMRI. Bahkan kekonyolan saya lihat datang dari “ahli” di CNN dan Fox membuat jelas bahwa orang perlu memikirkan hal-hal melalui diri mereka sendiri, media Barat pada umumnya lebih buruk daripada tidak berguna dalam membuat segala macam analisis realistis urusan luar negeri.
Tidak ada keraguan bahwa kebangkitan kekuatan militer Rusia dan SCO setidaknya pada beberapa tingkat respon terhadap militerisme Amerika dan ekspansionisme. Putin bahkan eksplisit bahwa kembalinya Rusia penerbangan pembom adalah dalam menanggapi “negara-negara lain” yang tidak mendemilitarisasi setelah berakhirnya perang dingin, sebuah referensi yang jelas ke Amerika dan anggaran militer yang terus berkembang dan kehadiran global militer. Cukup Ironisnya, kebangkitan kekuatan militer Rusia adalah karena peningkatan besar dalam harga minyak, yang telah hampir dua kali lipat sejak Amerika mulai saat itu putaran operasi diperluas / ambisi di Asia Tengah pada tahun 2001.
Secara pribadi saya pikir itu adalah aliansi penasaran dan penting. Dalam satu Rusia stroke dan China membuat teman-teman daerah, mengurangi ketegangan antara satu sama lain, menghambat terobosan Amerika ke Asia Tengah (wilayah makna yang luar biasa dalam hal sumber daya,) meningkatkan pembangunan ekonomi di wilayah tersebut, dan memaksa Amerika untuk kencing pergi bahkan lebih uang jika mereka ingin melanjutkan strategi mereka hegemoni militer Amerika global. Semua baik untuk Rusia dan China, semuanya buruk bagi Amerika Serikat. Saya merasa sulit untuk mengabaikan sesuatu yang begitu bertentangan dengan kepentingan Amerika sebagai begitu penting.
Dengan kata lain, saya melihat SCO sebagai semacam hal yang saya telah memperingatkan tentang selama bertahun-tahun ketika saya mengkritik strategi Amerika dominasi militer global ditunjukkan oleh New American Century rencana kami telah mengimplementasikan. Strategi ini didasarkan pada tempat bahwa kita adalah orang baik, dan bahwa kita dapat membentuk kembali dunia dalam gambar kita melalui dominasi militer. Ya, Amerika adalah negara yang paling kuat di dunia yang pernah ada. Ya, ada banyak hal tentang Amerika dan kebebasan untuk dibanggakan. Namun, ini tidak ajaib memberi kita baik kanan atau kekuatan untuk menguasai dunia. (Belum lagi kebijaksanaan.) Dan lebih buruk lagi, ini merupakan strategi mudah untuk melawan. SCO adalah counter licin untuk perluasan NATO dan New American Century. Ini akan biaya Amerika Serikat banyak uang untuk membuat terobosan serius ke dalam SCO, dan kita bisa dengan mudah membuatnya lebih kuat melalui lebih sakit petualangan dipertimbangkan di Asia. SCO sudah menjadi aliansi yang sangat kuat, maksud saya bangun orang, Rusia dan Cina diam-diam membentuk blok kekuatan dengan populasi lebih dari barat, energi yang luas dan cadangan mineral, dan perekonomian yang tumbuh pada kecepatan yang liar. Dan teman-teman dan musuh yang berbaris di pintu mereka! Hal ini tidak penting?
Sementara itu Amerika Serikat akan menghabiskan jumlah lebih banyak uang yang mengejutkan mengejar strategi yang bahkan belum membuat jalan dari bandara ke Zona Hijau Baghdad di aman. Sementara ekonomi dan infrastruktur Amerika terus memburuk dari utang yang berlebihan dan pemeliharaan yang buruk. Aku bertanya-tanya apakah SCO adalah masa depan, dan itu NATO yang cepat menjadi hanya anakronisme abad ke-20 sia-sia.
sunber: http://politik.kompasiana.com/2013/06/11/nato-vs-sco-blok-barat-vs-blok-timur--567700.html
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system

Ad Inside Post